T-Money, Solusi Bayar Transportasi Termudah di Korea!

Written by Fatiya

July 2015

 

 

Salah satu ragam T-Money

 

Pembaca  yang tinggal di daerah Jabodetabek pasti masih ingat perkembangan terbaru transportasi di Indonesia yang kini sudah mulai menggunakan kartu/electronic money untuk metode pembayaran. Walaupun awalnya butuh waktu untuk membiasakan, tapi sekarang masyarakat sudah terbiasa dengan tap-in dan tap-out di stasiun-stasiun commuter line. Belum lagi sekarang kebanyakan halte busway hanya menerima pembayaran dengan menggunakan e-money.

Jika pembaca memperhatikan, jalan tol di Indonesia biasanya lebih sepi pada gerbang otomatis yang harus menggunakan e-money. Sedangkan gerbang ‘manual’ selalu lebih panjang, terutama pada jam-jam puncak macet karena belum cukup banyak yang menggunakan e-money dan harus menunggu transaksi di setiap gerbang tol: mulai dari menyerahkan kartu, mencari-cari receh untuk membayar hingga menunggu kembalian.

Untung, di Korea semua masalah ini sudah lama terselesaikan dengan menggunakan T-money atau singkatan dari Transit Card. Tidak perlu berganti-ganti kartu atau kebingungan memilih e-money dari bank apa, T-money bisa digunakan untuk semua moda transportasi: bis, kereta, taksi, hingga membayar ongkos tol. Apabila kita harus transit/menyambung transportasi dari bis ke kereta, misalnya, cukup memakai T-money yang sama – dan apabila kita transitmasih dalam jangka waktu 30 menit, maka kita tidak perlu membayar lagi ongkos transportasi yang kedua. Belum lagi, apabila memakai T-Money, maka kita akan mendapatkan diskon sebesar 100 Won (sekitar 12000 rupiah) untuk semua biaya perjalanan!

Bisa disingkat bahwa T-money adalah “all-in-one” card yang bisa digunakan untuk apapun dan wajib dimiliki apabilaberpergian di Korea Selatan.  Terutama jika hidup di Korea sebagai foreigner atau Warga Negara Asing dan belum familiar dengan Bahasa Korea, akan lebih mudah dengan menggunakan T-Money dan cukup tapping saja dimanapun.

Untuk membeli dan mengisi ulang saldo T-money, cukup ke convenience store terdekat – atau bisa juga menuju di stasiun-stasiun subway. Bentuknya pun beragam, tidak hanya berupa kartu tapi juga handphone strap, key chain, boneka – dan banyak lagi. Korea yang serba canggih sudah mendesain transportasi agar bisa sepraktis mungkin dan mudah dimengerti bagi foreigner sekalipun, jadi jangan takut untuk berpergian di Korea!

Untuk kalian yang tertarik untuk study abroad atau magang di Korea, jangan takut juga untuk kontak kami di @Inspired_Steps untuk membantu keberangkatan kalian ke negeri ginseng impian. Pergi ke Korea bukan lagi sekedar mimpi!