Merencanakan Kuliah di Jepang Membuat Pusing!

Written by Dhani

July 2015

school in japan

(Courtesy: www.japantimes.co.jp)

Jepang merupakan salah satu negara maju di Asia yang memiliki kualitas pendidikan level internasional (Universitas Tokyo misalnya berada pada peringkat 31 dunia menurut QS World University Ranking). Negara ini mampu menarik minat calon pelajar baik dari Asia maupun belahan dunia lain karena hal tersebut. Kekayaan budaya di negara ini juga merupakan salah satu atraksi Jepang yang membuat banyak orang berbondong-bondong mendatangi negara ini. Animo pelajar dari Asia Tenggara untuk belajar di Negeri Sakura ini juga meningkat setiap tahunnya.

 

Kesulitan muncul karena minimnya informasi mengenai persyaratan maupun persiapan apa saja yang perlu dipenuhi ketika ingin berkuliah di Jepang. Saat ini memang sudah banyak universitas Jepang yang menyediakan website berbasis Inggris, akan tetapi informasi yang ada di website-website tersebut seringkali tidak cukup untuk merencanakan studi di Jepang.

 

Pertama, banyak calon mahasiswa yang tidak mengetahui persyaratan apa saja yang perlu dipenuhi ketika ingin bersekolah di Jepang (misalnya skor TOEFL/IELTS dan SAT). Calon pelajar juga kesulitan memilih universitas yang mereka inginkan yang sesuai dengan minat dan kondisi keuangan mereka. Jika mereka tidak memiliki dasar berbahasa Jepang informasi seperti ini akan sulit untuk diketahui.

 

Hal lainnya adalah  mempersiapkan kehidupan di Jepang. Masalah akomodasi (seperti tempat tinggal dan biaya hidup) adalah hal yang sangat penting ketika memutuskan bersekolah di luar negeri. Banyak sekali pilihan tempat tinggal di sekitar universitas, mulai dari yang sangat terjangkau hingga yang sangat mahal. Daerah-daerah di Jepang juga memiliki tarif hidup yang berbeda-beda. Mencari informasi mengenai hal ini akan sangat sulit jika calon pelajar tidak memiliki kenalan yang pernah atau sedang tinggal di Jepang.

 

Terkadang banyak juga pelajar yang ingin mengetahui adanya kesempatan untuk magang maupun bekerja sambilan di Jepang. Kesempatan-kesempatan ini dapat berguna untuk menunjang kehidupan. Apabila pelajar tidak memiliki pengetahuan bahasa Jepang, hal ini akan sulit bagi mereka.

 

Selain itu, bukan tidak mungkin jika di masa studi mahasiswa memiliki kendala administrasi dengan pihak universitas. Hal ini dapat menjadi masalah karena tidak semua staf universitas di Jepang mampu berbahasa Inggris dengan lancar. Oleh karena itu hal ini perlu juga dipikirkan ketika merencanakan studi di Jepang.

 

(Courtesy: www.japantimes.co.jp)

Calon pelajar yang berminat untuk belajar di Jepang tidak perlu khawatir. Bergabunglah dengan Inspired Steps dan kami akan membantumu merencanakan program studi di Jepang yang sesuai dengan minat, kebutuhan, dan kemampuanmu. Kami akan membantu membuat impianmu belajar di Jepang menjadi kenyataan.