Apakah Kamu Sudah Makan Makanan Jepang dengan Benar?

Written by Dhani

July 2015

Jepang adalah negara yang masih memegang teguh tradisi mereka. Cara untuk menyantap makanan pun sangat diperhatikan oleh orang-orang Jepang. Jika kamu tertarik untuk menekuni kebudayaan Jepang, ada baiknya kamu mengetahui cara-cara untuk menikmati makanan Jepang yang benar!

 

  • Nasi

(Courtesy: www.manfaat.co.id)

Angkat mangkuk nasi dengan satu tangan sementara tanganmu yang lain memegang sumpit. Arahkan mangkuk nasi ke mulut saat kamu makan.

 

  • Sushi

(Courtesy: www.askmen.com)

Tuangkan kecap asin secukupnya pada wadah yang tersedia karena orang Jepang menganggap membuang-buang kecap asin sebagai hal yang jelek. Wasabi sudah ada di dalam beberapa sushi yang memang cocok disandingkan dengan wasabi, jadi kita tidak perlu menambahkannya banyak-banyak. Selain itu, perlu juga diingat bahwa sushi seharusnya dimakan sekali gigit baik dengan sumpit maupun tangan.

 

  • Sashimi

(Courtesy: www.cardinalsushi.com)

Sashimi biasanya disantap dengan menggunakan kecap asin dan wasabi/jahe parut. Tapi berhati-hati untuk tidak menuangkan terlalu banyak kecap asin karena justru akan mengalahkan rasa alami dari ikan.

 

  • Sup miso

(Courtesy: www.jendelakuliner.com)

Kuah sup seharusnya diminum langsung dari mangkuknya. Barulah bahan sup yang padat dimakan menggunakan sumpit.

 

  • Mie (misalnya: ramen dan udon)

(Courtesy: www.bonappetit.com)

Menyedot mie dengan berisik justru merupakan kebiasaan makan yang baik karena menunjukkan bahwa kita menikmati ramen yang kita santap dan dipercaya dapat meningkatkan cita rasa mie itu sendiri.

 

  • Nasi kari

(Courtesy: www.seriouseats.com)

Meskipun orang Jepang biasa menyantap nasi dengan sumpit, tapi untuk makanan ini kita bisa menikmatinya dengan sendok.

 

  • Makanan berpotongan besar (misalnya: tempura, tofu, korokke)

(Courtesy: shizuokagourmet.com)

Potonglah makanan menjadi bagian-bagian kecil dengan menggunakan sumpit. Jika tidak gigitlah sedikit sekali makan sebelum menaruhnya kembali ke piring kita.

 

Sekarang, setelah kamu tahu bagaimana cara makan makanan Jepang yang benar cobalah mulai praktikkan, kalau kamu memang pecinta gourmet.