Apakah Hidup Hemat di Seoul Mungkin?

Written by Dhani

July 2015

(Courtesy: http://louise-bay.com)

Seoul merupakan ibukota Korea Selatan dan pusat dari segala macam aktivitas perekonomian di negara ini. Kota ini merupakan kota dengan kepadatan tertinggi di Korea dan bahkan lebih padat daripada Kota Jakarta. Akan tetapi, fasilitas yang disediakan pemerintah membuat hidup di Seoul menjadi nyaman bagi penduduknya.

 

Seoul merupakan tempat yang strategis bagi pelajar internasional untuk belajar. Sebagai pusat perekonomian dan pemerintahan tentunya kota ini lebih mengakomodasi kebutuhan orang asing yang sebagian besar tidak bisa berbahasa Korea dengan lancar. Sebagian besar universitas terkemuka di Korea juga berada di Seoul, seperti Seoul National University dan Korea University. Komunitas internasional juga biasanya terpusat di kota ini. Selain itu, kesempatan untuk magang maupun mencari pekerjaan sambilan juga lebih terbuka lebar di Seoul.

 

Akan tetapi bukankah biaya hidup di Seoul (maupun Korea Selatan secara keseluruhan) itu mahal?

 

Memang, apabila kamu membandingkannya dengan biaya hidup di negara berkembang seperti Indonesia. Pastinya orang Indonesia yang baru pertama kali tiba di Korea (terutama di Kota Seoul) akan terkaget dengan tingginya biaya hidup di sini.

 

Akan tetapi tahukah kamu jika biaya hidup di Korea tergolong murah jika dibandingkan dengan negara maju lainnya? Kamu bisa menikmati infrastruktur yang sangat modern tanpa mengeluarkan banyak biaya.

 

Hal yang pertama harus kamu pelajari adalah cara mengatur keuangan. Membuat pembukuan atau catatan mengenai pengeluaranmu dapat membantu mengontrol keuanganmu.

 

Ketika akan tinggal di Seoul kamu harus menentukan di mana akan tinggal. Seperti halnya di Jakarta atau kota-kota besar lain di seluruh dunia, biaya tempat tinggal di Seoul cukup tinggi. Banyak juga tempat yang  memintamu membayar deposit dengan jumlah besar untuk tinggal di sana. Kamu harus pintar-pintar memilih tempat tinggal dengan harga seterjangkau mungkin tetapi juga senyaman mungkin agar kegiatan belajarmu tidak terganggu.

 

Biasanya pelajar mengeluhkan mahalnya harga makanan di Seoul. Banyak sekali variasi makanan di Seoul yang menggiurkan pecinta kuliner, sayangnya tidak semua makanan tersebut terjangkau kantong pelajar. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir karena biasanya kantin mahasiswa di universitas menyediakan makanan dengan harga yang sangat terjangkau dan menu yang berbeda-beda setiap harinya. Jika ingin memanjakan diri dan ‘makan enak’, banyak juga restoran di sekitar universitas yang menjual makanan dengan harga murah.

 

Hal lainnya, Seoul identik dengan budaya konsumerismenya yang tinggi. Berbagai jenis barang dari berbagai merk dapat kamu temukan di Seoul. Menghemat pengeluaran tidak berarti kamu harus menahan diri untuk membeli barang-barang yang menarik perhatianmu. Di sekitar universitas (seperti Ewha Women University dan Hongik University) biasanya terdapat banyak toko yang menjual pakaian, aksesoris, dan kosmetik dengan harga yang terjangkau dibandingkan tempat-tempat lain seperti Myeongdong atau Garosu-gil.

 

Terakhir, jika kamu merasa penat karena mata kuliah yang berat kamu tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk hiburan. Seoul memiliki banyak tempat wisata gratis bagi warganya. Pemerintah menyediakan taman-taman kota yang asri seperti Han-gang Park dan Dream Forest. Kamu juga bisa berkaraoke yang dapat menjadi ajang untuk melepas stres dan juga berkenalan dengan teman-teman Koreamu.

 

Mari datang dan rasakan nikmatnya belajar di Seoul. Bergabung dengan Inspired Steps dan kami akan membuat keinginanmu belajar di sini semudah membalik telapak tangan.